Menikmati Jazz di Desa Wisata Sidoakur

Ngayogjazz 2013 digelar Sabtu, 16 November 2013 yang lalu. Mengambil tempat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu di Desa Wisata SIDOAKUR, Kelurahan Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Wisata ini dipilih sebagi tempat penyelenggaraan Ngayogjazz 2013 dikarenakan memang mengembangkan pariwisata budaya dan lingkungan.

Panggung Sayuk Rukun “Ngayogjazz 2013” (foto @agungportal)

Area Desa Wisata Sidoakur disulap sedemikian rupa dengan adanya lima buah panggung pentas. Seniman Djaduk Ferianto sebagai penggagas event ini berharap Ngayogjazz tidak sekedar suguhan musik, tetapi juga mengajarkan budaya serta kesadaran akan lingkungan. Panggung Tradisional, Wawuh, Guyub, Sayuk Rukun dan Panggung Srawung telah menjadi saksi kemeriahan event tahunan ini.

Sederet band dan musisi jazz nasional, bahkan internasional, didaulat untuk memberikan sajian khas musik jazz mereka masing-masing. Baraka (Jepang), Erik Truffaz (Perancis), Jerry Pellegrino (Amerika), Brink Man Ship (Swiss) dan D’AQUA (Jepang) adalah deretan musisi jazz manca yang tampil malam itu. Dari jajaran nasional ada Idang Rasjidi, Chaseiro, Bintang Indrianto, Monita Tahalea. Musisi jazz lokal serta dari komunitas jazz dan kampus tidak mau ketinggalan menyemarakkan Ngayogjazz 2013.

Penampilan Brink Man Ship (Swiss) pada “Ngayogjazz 2013” (foto @agungportal)

Acara tahunan ini selalu menyedot animo masyarakat, terutama anak-anak muda. Dari yang memang “gila” terhadap musik jazz, hingga mereka yang hanya sekedar mencari pertunjukan musik dengan suguhan yang berbeda. Area Desa Wisata Sidoakur juga menyediakan berbagai hidangan warung untuk sekedar beristirakan makan atau minum yang notabene diadakan oleh masyarakat sendiri. Juga terdapat pojok untuk penonton menambah daya handphone maupun kameranya. Dan selalu, event ini digelar di akhir tahun, sehingga begitu akrab dengan rintik hujan. Bukannya jadi penghalang, guyuran hujan justru menjadi nilai tambah itu tersendiri. (agp)

Owen Baker

Back to top