13 Shio Yang Harus Diperhatikan Di Tahun 2020, Bukannya Biasa Shio Hanya 12?

Hokkien Medan adalah varian/logat bahasa Hokkien Zhangzhou yang dipergunakan di Medan, Indonesia. Varian Medan ini banyak menggunakan kata-kata pinjam dari bahasa Melayu dan Indonesia, misalnya tetapi, jamban, sabun , mana, pasat . Bahasa ini biasanya hanya dikemukakan saja sehingga tidak benar bentuk tulisan standarnya. Itu tadi beberapa hal mengenai bahasa hokkien yang perlu Anda ketahui jika ingin mempelajarinya. Bahkan sudah bisa terdengar secara mudah kalau melakukan kunjungan ke Medan. Rata-rata orang di sana menggabungkan bahasa Indonesia dengan Hokkien sehari-harinya.

Varian Medan ini banyak memakai kata-kata pinjam dari bahasa Melayu dan Indonesia, contohnya tapi, jamban, sabun , mana, pasat . Bahasa ini biasanya hanya diucapkan saja sehingga tidak mempunyai bentuk tulisan standarnya. Jika dikenal dengan berbagai nama di dunia, Hokkien terkenal sebagai bahasa ibu komunitas Tionghoa – Indonesia. Apalagi di Negara tercinta ini, banyak sekali keberagaman budaya dan latar belakang masing-masing individunya, sehingga tidak heran kalau memiliki banyak bahasa.

Hal ini disebabkan orang Tionghoa di perantauan mayoritas berasal dari Provinsi Fujian di masa lampau. Saya setiap kumpul keluarga bingung mau panggil nama suami dari adik perempuan ayah 😵. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Selain itu, Hokkien memiliki kosakata yang jauh berbeda dengan Mandarin, contohnya dalam kosakata angka dan uang. Di Taiwan, bahasa Hokkien Taiwan ditulis dengan menggunakan aksara Mandarin, sedangkan dulunya ditulis dengan huruf Latin yang diperkenalkan oleh para misionaris Eropa ketika menjajah Taiwan. Sedangkan di Medan, penutur bahasa Hokkien tidak dapat menuliskannya karena tidak terdapat sistem penulisan Hokkien Medan, bahasa hokkien medan sehingga ketika ada keperluan untuk berkomunikasi dalam bentuk tulisan, maka bahasa Indonesialah yang digunakan. Di Indonesia sendiri, bahasa Hokkien umumnya dikenal sbg bahasa ibu komunitas Tionghoa di Medan, Pekanbaru, Palembang dan beberapa daerah lainnya. Ini menyebabkan ekses negatif yang menjadikan banyak orang Taiwan merasa dialek Utara sama dengan bahasanya orang Tiongkok daratan yang sama dengan penindasan.

Konteks kemampuan di sini adalah keterampilan teknis.

Owen Baker

Back to top